Belajar Wira usaha mandiri

Kewirausahaan adalah seni memulai bisnis, pada dasarnya merupakan perusahaan startup yang menawarkan produk, proses atau layanan kreatif. Kita bisa mengatakan bahwa itu adalah aktivitas yang penuh kreativitas. Seorang pengusaha merasakan segala sesuatu sebagai sebuah peluang dan menampilkan bias dalam mengambil keputusan untuk memanfaatkan kesempatan tersebut.

Pengusaha adalah pencipta atau perancang yang merancang gagasan dan proses bisnis baru sesuai dengan kebutuhan pasar dan gairahnya sendiri. Untuk menjadi pengusaha sukses, sangat penting untuk memiliki keterampilan manajerial dan kemampuan membangun tim yang kuat. Atribut kepemimpinan adalah pertanda pengusaha sukses. Beberapa ekonom politik menganggap kepemimpinan, kemampuan manajemen, dan keterampilan membangun tim menjadi kualitas penting seorang pengusaha.

Pengusaha adalah inovator atau pencipta yang memperkenalkan sesuatu yang baru ke perusahaan atau ekonomi. Ini bisa menjadi metode produksi baru, produk baru, sumber material baru, pasar baru atau inovasi serupa lainnya. Dengan demikian, seorang pengusaha adalah inovator, pencipta, peminjam, pembeli, dll. Beberapa pengusaha terkenal adalah Bob Sadino, Hary Tanoe S, dan Nadiem Makarim (Gojek).

Motivasi – Faktor Penting

Kinerja seorang pengusaha tergantung pada kemampuan dan kemauannya untuk tampil. Di sini, dengan kemampuan kita berarti fungsi pendidikan, pengalaman dan keterampilan dan dengan kemauan yang kita maksud untuk melakukan tergantung pada tingkat motivasi. Motivasi adalah salah satu faktor fundamental yang dibutuhkan seorang pengusaha untuk mempromosikan gagasannya.

Mengapa Motivasi Dibutuhkan?

Istilah motivasi berasal dari kata ‘motif’ yang tidak lain adalah apa yang mendorong seseorang untuk bertindak dengan cara tertentu. Motif adalah definisi dari tujuan, impian dan kebutuhan seseorang. Mereka mengarahkan perilaku manusia untuk mencapai tujuan mereka.

Bila semuanya terorganisir dengan benar, lalu apa kebutuhan motivasi?

Poin berikut menjawab pertanyaan ini dan memberi gambaran mengapa motivasi merupakan faktor penting bagi seorang wirausahawan –

Persaingan yang ketat – Seorang pengusaha perlu menghadapi persaingan ketat, untuk mempertahankan dan memberi tanda di pasar global ini. Untuk mengatasi persaingan ini, motivasi dibutuhkan pada setiap tahap perusahaan.

Lingkungan yang tidak menguntungkan – Tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Kita harus menjaga ekonomi saat ini dan harus bersiap menghadapi situasi terburuk dalam memburuknya kondisi ekonomi. Untuk ini, motivasi dan optimisme sangat penting.

Menciptakan permintaan publik – Pasar berjalan oleh masyarakat dan masyarakat. Untuk menjalankan bisnis secara menguntungkan, Anda diminta untuk menciptakan permintaan publik akan produk atau layanan Anda di pasar dan menarik sebanyak mungkin pelanggan. Untuk melakukan ini dengan cara yang benar, motivasi diperlukan.

Untuk meningkatkan kreativitas – Pasar selalu menginginkan sesuatu yang baru dan berbeda. Jika setiap perusahaan menawarkan produk yang sama tanpa variasi maka tidak ada gunanya memilih satu merek pada khususnya. Untuk mempertahankannya harus inovatif. Tambahkan beberapa fitur baru pada produk dan layanan yang ada, membuat mereka lebih mudah digunakan dalam anggaran yang cukup besar. Hal ini membutuhkan motivasi juga.

Untuk meningkatkan produktivitas – Sangat penting untuk menjaga kualitas produk sekaligus keuntungan. Orang akan selalu memilih produk yang hemat biaya dan berkualitas baik. Jadi, motivasi diperlukan untuk meningkatkan produktivitas.

Dengan demikian motivasi memainkan peran unik dalam membangun perusahaan dengan sering mendorong pengusaha melakukan hal yang efektif secara efisien.

Apa yang Memotivasi Pengusaha?

Banyak penelitian telah dilakukan oleh peneliti untuk memahami dan menjawab pertanyaan ini sehingga faktor-faktor yang memotivasi orang untuk mengambil semua risiko dan memulai usaha baru dapat diidentifikasi.

6C yang memotivasi pengusaha untuk membangun bisnis mereka sendiri adalah sebagai berikut –

Perubahan – Pengusaha sering menginginkan perubahan, tidak hanya berubah, mereka juga ingin menjadi pembawa perubahan. Mereka adalah pemberi solusi dan ingin mengganggu status quo. Mereka memiliki visi seperti “Saya ingin mengumpulkan informasi dunia” atau “Saya ingin menempatkan AC di setiap meja” dan mereka berusaha untuk melakukan perubahan ini. Dalam usaha ini, beberapa berhasil dan beberapa gagal.

Tantangan – Beberapa orang menyukai tantangan dan mereka memilih untuk memulai bisnis baru karena sangat menantang untuk menangani masalah besar. Orang-orang ini menganggap pekerjaan khas di perusahaan besar membosankan dan tidak cukup menantang.

Kreativitas – Menjalankan bisnis sendiri adalah tentang menjadi lebih kreatif dan memiliki kebebasan untuk membuat penemuan baru. Misalnya, menguji desain situs web baru, meluncurkan skema pemasaran baru, menciptakan barang inventif yang memecahkan masalah yang diketahui dengan cara yang berbeda, menciptakan kampanye iklan baru, dan lain-lain. Seseorang perlu memiliki ruangan yang tak terbatas untuk menyambut dan mengenalkan kreativitas dalam jumlah kecil. bisnis.

Pengendalian – Beberapa orang cenderung memulai bisnis karena mereka tidak ingin didorong dan bekerja untuk produk / perusahaan yang tidak memiliki cara untuk membentuk takdir mereka. Mereka ingin menjadi bos mereka sendiri memiliki waktu sendiri, kecepatan sendiri, lokasi pilihan mereka, karyawan pilihan mereka dan memiliki peran progresif dalam menentukan arah perusahaan.

Rasa ingin tahu – Pengusaha sukses selalu cemas dan bertanya – “bagaimana jika kita melakukan X dengan cara ini?” Mereka ingin memiliki lebih dari satu pilihan untuk melakukan pekerjaan dan memilih yang terbaik dari mereka. Mereka ingin memahami persepsi pelanggan, titik pandangan, pasar dan pesaing Mereka sering kali ingin melihat bagaimana teori khusus mereka seperti karya “orang yang ingin melakukan A with B”. Dalam aspek ini, mereka tidak dapat dibedakan dari ilmuwan yang mencoba membuktikan teorema-teorinya.

Kas – Yang terakhir tapi tidak sedikit adalah uangnya. Uang mengatakan itu semua. Banyak pengusaha non-bisnis memiliki kesalahpahaman bahwa uang tunai pertama-tama datang untuk pengusaha tapi ini tidak pernah benar-benar benar. Jika ini yang terjadi, maka tidak ada alasan bagi Ellison atau Gates untuk terus mengembangkan bisnis mereka dengan agresif setelah menghasilkan lebih dari satu miliar dolar. Namun, uang bukanlah motivasi utama.

Dari pembahasan di atas, dapat dikatakan bahwa faktor pendorong tertinggi adalah dorongan untuk mendapatkan sesuatu atau dorongan untuk melakukan sesuatu secara berbeda.

Hasil Motivasi

Kewirausahaan yang sukses membutuhkan tekad, kebebasan, disiplin, konektivitas dan kelimpahan keterampilan dalam perencanaan. Orang dengan paket lengkap kekuatan fisik dikombinasikan dengan ketekunan, kekuatan mental, dan disiplin diri memiliki gairah dan dorongan untuk sukses. Dengan motivasi yang tepat, kita mendapatkan hasil sebagai berikut –

Industrialisasi berat – Pertumbuhan yang luar biasa dapat dilihat dalam industrialisasi. Contoh: Perusahaan seperti TISCO, TELCO telah didirikan dan berkembang.

Wiraswasta – Orang biasa mendapat kesempatan untuk membuat perbedaan, menetapkan standar baru pertumbuhan industri. Contoh: Pengusaha seperti Dhirubhai Ambani dan Azim Premji lahir.

Pertumbuhan ekonomi – Bila ada pertumbuhan ekonomi individu, ada pertumbuhan ekonomi perusahaan, yang pada gilirannya menghasilkan pertumbuhan wilayah dan negara tersebut. Contoh: Munculnya kota pintar konsep.

Menciptakan lapangan kerja baru – Kewirausahaan lebih mengarah ke bukaan pekerjaan lebih banyak. Lebih banyak lowongan kerja menyebabkan lebih banyak kesempatan kerja.

Manfaat sosial yang tepat – Ketika ekonomi suatu negara tumbuh atau meningkat, kita melihat bahwa manfaat sosial yang lebih maju dan tepat diberikan kepada masyarakat umum seperti pembangunan jalan, sekolah, rumah sakit, perguruan tinggi, dll.

Dorongan wirausaha adalah dorongan bawaan yang dimiliki beberapa orang untuk mewujudkan sesuatu. Ini adalah energi yang mendorong seseorang maju sebagai pendiri dan kekuatan untuk tidak menyerah dalam menghadapi kegagalan, yang pada akhirnya membawa kesuksesan.

trenindo

trenindo

terima kasih kunjungan anda,kalau ada masukan dan saran diersilhakn beri pendapat untuk sebagai perbaikan dan solusi yang akan datang, tetap semangat dan beraktifitas, salam..trenindo

This Post Has 2 Comments

Leave a Reply