Usaha kecil pagi pemula

Pelajar atau mahasiswa pada dasarnya masih memiliki tanggung jawab utama untuk belajar dan meningkatkan kemampuan atau keahlianya. Namun saat ini, pelajar atau mahasiswa juga dituntut untuk memiliki jiwa wirausaha. Menjadi enterpreneur lebih dini adalah hal yang lebih, persoalannya adalah bagaimana menjadi wirausaha yang tidak mengganggu kegiatan utamanya sebagai seorang pelajar atau mahasiswa.

Pelajar atau mahasiswa saat ini merupakan generasi digital yang sudah tidak asing lagi dengan perkembangan teknologi. Teknologi memberikan dukungan yang luar biasa terhadap perkembangan dunia usaha. Hal ini menjadi sangat bagus jika seorang pelajar atau mahasiswa memulai usaha dengan memanfaatkan sumberdaya teknologi. Apapun jenis usahanya akan menjadi lebih cepat berkembang jika didukung dengan teknologi. Ada beberapa jenis usaha yang cocok untuk para pelajar atau mahasiswa.

Bisnis pulsa elektronik

Pelajar atau mahasiswa memiliki pergaulan yang luas. Banyak komunitas yang bisa diikuti. Ini merupakan segmen pasar yang baik. Teman-teman di sekolah atau dikampus tentu memiliki HP yang membutuhkan pulsa. Menjual pulsa elektronik dapat menjadi peluang yang baik untuk para pelajar atau mahasiswa.

Membuka Les Privat

Pelajar atau mahasiswa adalah anak-anak muda yang berpendidikan. Mereka dapat menularkan kembali ilmu yang telah mereka perolah dari sekolah mereka. Peluang yang dapat diambil sesuai dengan kemampuan ini adalah dengan memberikan les privat. Anda dapat memberikan les privat untuk berbagai kalangan mulai dari TK, SD, SMP, atau SMA. Anda dapat memilih sesuai dengan materi yang dikuasai. Rasanya usaha ini nyaris tidak membutuhkan modal, hanya kemauan yang kuat saja dan promosi yang dapat dilakukan melalui beberapa media atau dari mulut ke mulut anda sudah bisa memulainya.

Menjadi penulis

Bagi pelajar atau mahasiswa yang memiliki hobi menulis baik cerpen, puisi, atau bahkan review produk anda memiliki peluang usaha untuk menjadi penulis. Banyak sekali lowongan yang ada di internet yang membutuhkan jasa penulisan baik artikel maupun tulisan lainnya.

Jasa pengetikan

Pelajar atau mahasiswa saat ini telah memiliki banyak fasilitas yang mendukung belajarnya misalnya seperti laptop dan printer. Salah satu usaha kecil kecilan yang dapat dijalankan tanpa harus membutuhkan modal adalah jada pengetikan dan print. Dengan bermodalkan laptop dan printer yang dimiliki akan dapat segera dijalankan usaha jasa pengetikan dan cetak.

Jasa instalasi dan service laptop/komputer

Pelajar atau mahasiswa yang hobi dengan mengotak atik laptop atau komputer biasanya memiliki kemampuan untuk memperbaiki perangkat tersebut minimal untuk melakukan instalasi ulang dan memperbaiki softwarenya. Kemampuan ini juga dapat dijadikan sebagai peluang usaha dengan membuka jasa instalasi dan servis laptop atau komputer.

Usaha Training

Pelajar atau mahasiswa biasanya memiliki keahlian tertentu yang sudah mulai matang. Keahlian ini biasanya juga banyak yang berminat. Dengan bekal suatu keahlian ini pelajar atau mahasiswa dapat mulai membuka usaha kecil kecilan dengan menyelenggarakan training. Misalnya training komputer microsoft office atau keahlian yang lainnya. Usaha training ini dapat dilakukan mulai dari private, atau kelas kolektif, bahkan untuk kegiatan yang lebih besar dapat dilakukan secara even.

Jasa Penerjemah

Bagi pelajar atau mahasiwa yang memiliki kemampuan dalam bahasa tertentu memiliki peluang untuk menjalankan usaha sebagai penterjemah. Usaha ini merupakan usaha yang cukup simpel untuk dilakukan. Usaha ini tidak membutuhkan modal ataupun peralatan yang cukup banyak. Usaha ini dapat menarget tidak hanya pada mahasiswa saja tetapi juga pelajar bahkan orang umum yang membutuhkan jasa penterjemah.

Jasa desain grafis

Bagi pelajar atau mahasiswa yang memiliki kemapuan desain, mereka dapat memulai usaha dengan menyediakan jasa desain grafis. Ada banyak resource di internet yang dapat ditemui di internet untuk menerima pesanan desain atau menjualnya.

Bisnis Onlineshop / dropshiper

Saat ini usaha yang paling banyak dilakukan oleh para pelajar dan mahasiswa adalah onlineshop atau dropshiper. Usaha onineshop ini memang sangat menjanjikan. Mereka cukup mencari produk apa yang sedang tren dan menjualnya melalui internet. Mengambil selisih dari harga beli dan harga jual sebagai keuntungan. Ada banyak produk yang dapat dijual melalui usaha ini.

Jualan kaos

Saat ini banyak sekali suplier kaos oblong dan juga banyak terdapat jasa cetak kaos. Peluang usaha yang dapat dijalankan adalah menjual kaos dengan desain yang unik. Sebagai salah satu contoh misalnya kaos dengan kata-kata lucu atau kaos dengan desain unik. Jika memiliki kemampuan desain maka, desain kaos dapat dikerjakan sendiri tetapi jika tidak memiliki kemampuan desian dapat dilakukan dengan kerjasama dengan orang lain.

trenindo

trenindo

terima kasih kunjungan anda,kalau ada masukan dan saran diersilhakn beri pendapat untuk sebagai perbaikan dan solusi yang akan datang, tetap semangat dan beraktifitas, salam..trenindo

Leave a Reply