Usaha kecil yang cocok untuk pedesaan

Didesa atau dikampung adalah wilayah yang jauh dari keramaian. Banyak lahan tersedia dan aktifitas yang tidak terlalu banyak sebagaimana sering dijumpai di kota. Karakterisitik pedesaan yang sangat jauh berbeda dengan perkotaan dapat menjadi peluang usaha yang berbeda pula. Ada babarapa jenis usaha kecil-kecilan yang cocok dilakukan di daerah pedesaan atau kampung.

Berternak

Tersedianya lahan dan lingkungan yang tidak terlalu rame menjadikan usaha ternak ini mudah untuk dilakukan di daerah pedesaan atau kampung. Ada banyak jenis ternak yang bisa dikembangkan mulai dari yang modal kecil sampai yang modal besar. Beberapa peternakan yang memiliki peluang yang baik misalnya beternak ayam atau unggas, beternak lele, berternak kambing, atau bahkan berternak sapi. Ada juga peluang usaha ternak yang tidak umum dan baru baru ini populer seperti beternak kroto, beternak cacing, berternak tokek, dan lain sebagainya.

Berternak ini merupakan suatu peluang usaha yang cocok dilakukan di daerah pedesaan atau kampung. Kertersediaan lahan yang cukup dan berbagai keperluan lain yang sudah tersedia di alam. Anda dapat memilih salah satu jenis usaha ternak yang anda minati, resource yang anda miliki, dan kebutuhan modal yang anda miliki karena masing-masing usaha ini memiliki tingkat kebutuhan dan peluang yang berbeda-beda.

Bertani atau berkebun

Diderah pedesaan atau di kampung banyak sekali lahan yang terbentang luas dan dimanfaatkan untuk usaha. Bertani atau berkebun juga menjadi salah satu peluang usaha kecil-kecilan yang cocok dilakukan di daerah pedesaan. Ada beberapa jenis tanaman yang dapat dibudidayakan dan menjanjikan keuntungan yang besar seperti cabe dan sayuran. Lebih bagus lagi apabila dapat membuat sayuran organik, akan memiliki harga jual yang lebih tinggi dari yang biasa. Selain bertani atau berkebun dengan tanaman yang biasa, peluang yang lain juga bisa dikembangkan dengan tanaman yang baru seperti tanaman buah dalam pot, tanaman buah-buahan yang lain yang memiliki harga jual yang cukup tinggi seperti buah naga, pepaya kalifornia, melon, dan lain sebagainya. Selain bertani dan berkebun ada juga usaha pertanian yang tidak membutuhkan lahan yang cukup luas yaitu usaha pembibitan seperti pembibitan tanaman cabe, pembibitan tanaman jahe, dan lain sebagainya. Anda tidak membutuhkan banyak lahan, hanya perlu membibitkan dari biji atau rimpang sampai menjadi bibit siap tanam. Untuk memperoleh keuntungan juga tidak menunggu waktu terlalu lama, dalam waktu sebulan anda sudah bisa menjual bibit tersebut.

Anda dapat mencari informasi produk pertanian dan perkebunan apa yang sesuai dengan minat dan pangsa pasar yang bagus. Kaji secara mendalam baik dari segi kebutuhan modal dan apa saja yang diperlukan.

Perikanan

Usaha perikanan sangat cocok dilakukan di pedesaan. Hanya saja yang harus dipertimbangkan adalah ketersediaan air. Lahan yang diperlukan juga relatif tergantung seberapa besar kapasitas usaha yang ingin dijalankan. Beberapa ikan yang mudah untuk di budidayakan adalah lele, ikan nila, ikan mas, dan gurameh. Tingkat kebutuhan di masyarakat memang paling tinggi adalah lele namum bukan berarti jenis yang lain seperti ikan nila, ikan mas, dan gurameh tidak memiliki pangsa pasar. Mereka juga memiliki pangsa pasar yang bagus.

Modal yang diperlukan untuk memulai usaha perikanan ini bervariasi, tergantung dari seberapa banyak ikan yang akan di budidayakan. Hal ini akan mempengaruhi area kolam yang diperlukan, pembelian bibit, dan biaya operasional terkait dengan pakan ikan yang dibutuhkan. Anda dapat memulai usaha budidaya ikan ini dengan kapasitas yang kecil terlebih dahulu. Anda juga dapat mempertimbangkan ikan mana yang cepat panen dan resiko yang kecil.

Toko pertanian

Toko pertanian adalah usaha yang menyediakan obat-obatan pestisida untuk pertanian dan pupuk baik pupuk organik maupun pupuk kimia. Selain itu toko pertanian ini juga menyediakan segala bibit tanamam untuk kebutuhan para petani. Usaha ini sangat cocok dilakukan di daerah pedesaan dimana sebagian besar warganya adalah bertani.
Usaha toko pertanian ini memang membutuhkan modal yang cukup banyak jika ingin menyediakan barang-barang yang lengkap. Tetapi jika tidak memiliki modal yang banyak, usaha ini bisa dimulai dengan menyediakan pupuk organik atau kompos terlebih dahulu. Jika nanti sudah berjalan, selanjutnya bisa dikembangkan ke produk produk yang lain.

trenindo

trenindo

terima kasih kunjungan anda,kalau ada masukan dan saran diersilhakn beri pendapat untuk sebagai perbaikan dan solusi yang akan datang, tetap semangat dan beraktifitas, salam..trenindo

Leave a Reply